Di lain hari, miskomunikasi lain dari Sony. Sejak harga PS5 dan tanggal peluncuran diumumkan, Sony gagal mengkomunikasikan informasi pre-order kepada pelanggan. Ini akhirnya menyebabkan kekacauan di mana konsol kehabisan stok dalam beberapa menit. Tapi, tampaknya ada hal lain yang perlu dikomunikasikan Sony dengan baik kepada penggemar PlayStation.
PlayStation Showcase kurang lebih sukses dan pasti membuat semua orang terkesan. Tapi, satu hal yang tidak dibahas pada acara tersebut adalah kompatibilitas mundur untuk PS5. Meski dalam wawancara baru-baru ini dengan Famitsu, CEO Jim Ryan menyebutkan bahwa PS5 tidak akan bisa menjalankan game PS3, PS2, dan PS1.
Siliconera menerjemahkan wawancara di mana Ryan berkata, “Kami mengingat teknik khusus untuk PS5, saat kami memproduksi perangkat tersebut. Di tengah itu, PS4 sudah memiliki 100 juta pemain; kami pikir mereka juga harus ingin memainkan judul PS4 di PS5, jadi kami menyertakan kompatibilitas dengan PS4. Saat menerapkan itu, kami juga memfokuskan upaya kami untuk menggunakan SSD berkecepatan tinggi dan pengontrol baru DualSense secara bersamaan. Jadi, sayangnya, kami tidak dapat mencapai penerapan kompatibilitas semacam itu. ”
Tapi, masih banyak kebingungan tentang game mana yang bisa diakses di PS5. Lihatlah tweet dari Ryan Brown yang mengungkapkan keprihatinan serupa.
Ini adalah pertanyaan yang sangat valid yang masih belum dijawab oleh Sony. PlayStation 5 Showcase memperkenalkan Koleksi PlayStation Plus, yang membawa beberapa game dari generasi sebelumnya ke PS5. Tapi, ini adalah daftar kecil yang sama sekali tidak mencakup seluruh pustaka PS4. Selain itu, tidak ada kejelasan tentang pendapat Jim Ryan tentang 99% game yang kompatibel dengan versi sebelumnya. Apakah ini berarti bahwa semua game lain akan kompatibel dengan PS5 sejak hari pertama? Jika ya, Bagaimana dengan sisa 1% dari judul?
Jelas, ada masalah di sini yang perlu ditangani oleh Sony. PS5 Showcase memiliki miskomunikasi lain di mana diumumkan bahwa Final Fantasy 16 akan menjadi konsol eksklusif, tetapi juga akan tersedia di PC. Ini sama sekali tidak masuk akal. Untungnya, kebingungan itu kemudian diselesaikan oleh analis industri.
Intinya adalah: Sony perlu bertindak bersama dan sedikit lebih transparan dengan pelanggan. Jika mereka ingin memenangkan ‘perang konsol’, mereka perlu mengkomunikasikan penawaran mereka secara efisien.
Sumber : essentiallysports
Discussion about this post